Jumat, 28 April 2017

Artikel KIR "Pentingnya Pendidikan Karakter"

Pentingnya Pendidikan Karakter
            Di tengah berkembangnya teknologi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat, peran pendidikan karakter semakin penting dan signifikan. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik yang diperuntukan untuk generasi-generasi penerus bangsa. Namun ironisnya, justru pendidikan karakter ini bisa dikatakan dinomor duakan sehingga yang dipentingkan di sekolah-sekolah yang pada dasarnya basis pendidikan, hanya bagimana cara mendapatkan nilai yang maksimal berupa angka-angka saja. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa saat ini semakin banyak saja kasus-kasus kejahatan, asusila yang mulai dilakukan oleh para remaja.
            Hal ini sebenarnya menunjukkan betapa lemahnya pendidikan karakter kita di sekolah. Pendidikan karakter di sekolah tentu sangat erat kaitannya dengan pendidikan moral yang sudah sangat jarang sekali ditemukan di sekolah. Padahal peran moral dewasa ini sangat penting sekali, mengingat gempuran beragam informasi negatif yang sulit dipecahkan/difilter.
            Sebagian sekolah-sekolah di Indonesia sekarang, telah melaksakan program pendidikan karakter, terutama di SMPN 20 Malang.program ini telah dilasanakan kurang lebih sudah 2 tahun. Pendidikan karakter ini telah diterima dikalangan masyarakat, dan para siswa-siswi. Faktor lingkungan dalam konteks pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting, karena perubahan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter sangat ditentukan oleh faktor lingkungan ini. Dengan kata lain pembentukan dan rekayasa lingkungan yang mencangkup diantaranya lingkungan fisik dan budaya sekolah, manajemen sekolah, kurikulum, pendidik, dan metode mengajar. Pembentukan karakter melalui rekayasa faktor lingkungan dapat dilakukan melalui strategi:
1.      Keteladanan.
2.      Intervensi.
3.      Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten.
4.      Penguatan.
Dengan kata lain perkembangan dan pe,bentukan karakter memerlukan pengembangan keteladanan yang ditularkan, intervensi melalui proses pembelajaran, pelatihan, pembiasaan terus-menerus dalam jangka penjang yang dilakukan secara konsisten dan penguatan serta harus dibarengi dengan nilai-nilai luhur.
            Di samping itu pendidikan karakter sangat berperan penting dalam sebuah pembelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat pendidikan karakter:
1.      Membentuk karakter individu.
2.      Membuat individu menjadi lebih menghargai sesama (lebih bersikap tolenransi sesama manusia).
3.      Menciptakan generasi penerus bagsa yang berintegritas dan juga lebih baik.
4.      Melatih mental dan juga moral dari peserta didik.
5.      Agar tidak terjadi kebingungan akan identitas terutama para remaja.
6.      Agar dapat mengetahui dan memahami karakter diri masing-masing.
7.      Menyalurkan hal-hal yang penting sesuai dengan karakter yang dimilikinya (bakat dan minat).
8.      Menjadi lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan.
9.      Mampu bekerjasama dengan baik.
10.  Meningkatkan kualitas problem solving individu.

           




Sekian dari saya, semoga membantu:) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata Alamku.... Disepanjang jalan yang kususuri.. Bersama hembusan angin yang menderu Pandanganku mulai terawang, kare...