Jumat, 28 April 2017

KIR "Pemanfaatan Barang Bekas"


Tugas Karya Ilmiah Remaja
Judul: Pemanfaatan Barang Bekas




KATA PENGANTAR

           Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nyalah karya ilmiah  ini dapat saya selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam karya ilmiah ini, saya membahas mengenai “Pemanfaatan Barang Bekas”.
Karya Ilmiah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai pemanfaatan barang-barang bekas, yang sering tidak terawat, dan bahkan jarang dimanfaatkan oleh masyarakat.
Dalam proses penyusunan karya Ilmiah ini, tentunya saya mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu saya ucapkan rasa terima kasih kepada yang terhormat.
Saya menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan sehingga hanya yang demikian sajalah yang dapat saya berikan. Saya juga sangat mengharapkan kritikan dan saran dari teman-teman sehingga saya dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan makalah selanjutnya. Demikian makalah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                                            Malang, 21 Februari 2016






BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang.
Indonesia menghasilkan banyak berbagai jenis sampah, dalam seharinya. Sampah sampah tersebut menjadi polusi bagi masyarakat Indonesia dalam sehari-harinya, mulai dari sampah yang mudah hancur pada tanah, dan ada juga sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah, sampah-sampah inilah yang membuat polusi di Indonesia. Masyarakat sangat terganggu oleh adanya sampah-sampah tersebut. Sampah-sampah tersebut dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sampah Organik, dan sampah An-organik. Sampah organik berupa sisa-sisa makhuk hidup (seperti tumbuhan, dan hewan). Sampah an-organik berupa kantong plastik/plastik, pipet, besi, botol bekas, kertas, baskom, dll.
Dari semua sampah-sampah tersebut, saya memilih plastik sebagai bahan utama untuk dijadikan sebuah bahan kerajinan dari barang bekas, yang berguna bagi masyarakat, dan bernilai jual yang tinggi. Saya akan membuat Bross bunga dari plastik, dengan hasil pembuatan bross tersebut, saya akan menjualnya dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di sekitar lingkungan saya.

1.2    Rumusan Masalah.
1.      Apakah maksud dari kerajinan itu sendiri?
2.      Bagaimana pengaruh positif dari pemanfaatan barang bekas tersebut?
3.      Bagaimana pengaruh negatif dari pemanfaatan barag bekas tersebut?
4.      Bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut, jika sampah-sampah di Indonesia makin menumpuk?

1.3    Tujuan Penulisan.
1.      Untuk mengetahui, bahwa sampah-sampah plastik dapat dimanfaatkan menjadi barang yang berguna bagi masyarakat, dan bernilai jual yang tinggi.
2.      Untuk mengetahui proses-proses pembuatan kerajinan berupa Bross dari plastik.
3.      Untuk mengetahui dampak positif dari pemanfaatan barang bekas tersebut.
4.      Untuk mengetahui dampak negatif dari pemanfaatan barang bekas tersebut.
5.      Untuk mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, bila sampah-sampah di Indonesia makin menumpuk.

1.4  Manfaat Penulisan.
1.  Memberikan pengetahuan tentang dampak positif dan negatif tentang pemanfaatan          barang bekas tersebut.
2.   Mengurangi polusi yang ada di masyarakat/mengurangi dampak sampah produksi di lingkungan masyarakat.
3.   Menambah wawasan tentang cara pemanfaatan barang bekas.
4.   Sebagai bahan referensi untuk pembaca.

5.   Melatih kemampuan siswa dalam membuat suatu karya ilmiah.







Sekian dari saya, semoga membantu:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata Alamku.... Disepanjang jalan yang kususuri.. Bersama hembusan angin yang menderu Pandanganku mulai terawang, kare...